BAB IV
SIMPULAN DAN REKOMENDASI
Simpulan
Transisi menuju kinerja yang berorientasi pada permintaan merupakan tantangan besar bagi managemen organisasi sektor jasa seperti halnya BPSNT Tanjungpinang. Semakin banyak permintaan akan membuktikan semakin dibutuhkannya lembaga ini oleh masyarakat dan pemerintah. Meskipun mungkin berbagai strategi telah dilakukan oleh lembaga BPSNT Tanjungpinang namun mungkin belum sesuai dengan keinginan permintaan pasar. Beberapa elemen permintaan yang dibahas pada analisis dapat dijadikan rekomendasi dalam melakukan kebijakan BPSNT Tanjungpinang untuk meningkatkan permintaan masyarakat.
Berangkat dari perencanaan dan program BPSNT, jika kita melihat kenyataan selama ini keberadaan kantor ini sesuai dengan visi dan misinya maka timbul pertanyaan apakah program dan tujuan lembaga ini sudah terlaksana dengan baik, karena dari fakta di lapangan bahwa lembaga ini dapat dikatakan kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Padahal, di BPSNT tersedia fasilitas referensi tentang sejarah, budaya, dan nilai-nilai tradisional yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkan. Masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan BPSNT yang berisi referensi dan dokumentasi tentang nilai tradisional, sejarah, dan budaya lokal. Selain itu, ada juga kegiatan seperti diskusi dan ceramah tentang kebudayaan tetapi hal tersebut kurang diketahui masyarakat umum. Kegiatannya saja kurang diketahui apalagi manfaat yang akan dicapai.
Perlunya memasukkan program menganalisa permintaan, walaupun sebenar sangat sulit untuk membuat strategi untuk mendongkrak tingkat permintaan pada produk lembaga BPSNT ini, kecuali hal itu didasarkan pada pemahaman tentang mengapa pelanggan/masyarakat memilih menggunakan jasa ini. Misalnya sangat sulit BPSNT medongkrak permintaan dengan menyampaikan informasi yang tidak sesuai dengan keinginan pelanggan/masyarakat, mungkin untuk masalah tertentu hal itu dapat dilakukan tetapi untuk hal-hal yang telah baku sulit untuk merubahnya. Untuk permasalahan ini perlu adanya kepiawaian pimpinan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
Rekomendasi
Rekomendasi untuk mengelola permintaan pemasaran dapat dilakukan diantaranya:
melakukan peninjauan/review terhadap kebijakan pelepasan informasi yang berlaku. Apakah kebijakan tersebut telah mengatur pula pengelolaan permintaan informasi untuk keperluan pemasaran ?
Tentukan aturan kepemilikan untuk pelepasan informasi bagi keperluan pemasaran. Pastikan juga siapa yang bertanggung jawab terhadap proses ini.
Kembangkan kebijakan yang mengatur akses terhadap informasi publik untuk tujuan pemasaran.
Bersikaplah proaktif dalam proses pengambilan keputusan berkaitan dengan penggunaan informasi kebudayaan yang dimiliki BPSNT serta berikan berbagai alternatif pada masyarakat untuk dapat mengakses informasi yang dimiliki seperti; perpustakaan yang lengkap (tidak hanya buku tetapi audio dan video) koran, radio, majalah, internet dan lain-lain. Dan lakukan distribusi yang mengena dan menyeluruh sehingga informasi dapat diterima secara merata.
Ikuti perkembangan mengenai isue-isue kebudayaan serta hukum dan peraturan (termasuk perda yang berkaitan dengan kebudayaan) diharapkan dapat proaktif memberikan masukan pada daerah sehingga dirasakan manfaatnya dan timbul keinginan untuk melakukan permintaan pada lembaga ini karena diakui keberadaannya baik secara formal maupun non formal.
Daftar Pustaka
Love lock. Christoper. 2005. Managemen Pemasran dan Jasa.PT. Indek Kelompok Gramedia. Jakarta.
Payne. Adrian. 2000. Pemasaran Jasa. Andi. Pearson Education Asia Pte. Ltd. Jakarta.
Bafadal Azhar. 2002. Kebijakan Moneter Dalam Pembangunan. Makalah Falsafah Sain. S3 IPB.
Brazier. Jhon. 2005. Realease Managemen Implementation Manual. Oracle Corporation. Redwood City.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar